Cara Memperbanyak ASI dengan Alami Tanpa Obat

Tahukan anda cara memperbanyak asi dengan alami ? simak ulasannya di bawah ini :

Memberkan Asi Secara Terus Menerus

Memberikan ASI secara terus menerus pada bayi merupakan cara memperbanyak asi dengan alami paling ampuh yang dapat dilakukan. Pasalnya, ASI yang diberikan secara terus menerus akan terstimulasi untuk terus berproduksi. Berbeda halnya dengan ASI yang tidak pernah dikeluarkan secara teratur, makan akan membuat produksi ASI yang tidak teratur pula. Minimalnya, berikan ASI kepada bayi selama 2 hingga 3 jam sekali. Seringnya anda memberikan ASI akan membuat cadangan ASI yang melimpah, sehingga ASI kemungkinan akan keluar terus menerus. Saat bayi sedang tidak disusui, sebaiknya anda mengeluarkan persediaan ASI dalam payudara dan membekukannya. Dengan memompa payudara dan mengeluarkan ASI, maka produksi ASI akan terus terjadi dan tidak terhenti. Ini merupakan cara memperbanyak asi paling sering dilakukan oleh para ibu. Saat anda tidak memproduksi ASI namun bayi membutuhkannya, anda dapat menghangatkan persediaan ASI dalam lemari pendingin yang sudah anda peras sebelumya.

Makan dan Minum yang Sehat

Cara memperbanyak asi dengan alami selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Makanan sehat bagi ibu menyusui adalah makanan yang mengandung protein, serat serta vitamin. Makanan tersebut banyak terkandung pada sayuran hijau dan buah-buahan seperti wortel, bayam, tomat, jeruk, dan lain sebagainya. Selain itu anda juga disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis daging-dagingan yang sehat seperti ikan, telur, dan dada ayam. Dalam masa menyusui hindari mengkonsumsi makanan berlemak tinggi serta makanan cepat saji karena dapat berpengaruh pada kesehatan ibu dan produksi ASI.           

Istirahat Cukup

Cara memperbanyak asi dengan alami paling penting ialah dengan istirahat yang cukup. Banyak para ibu yang baru melahirkan mengalami kelelahan dalam mengurus bayi mereka sehingga berpotensi mengurangi produksi ASI. Oleh karena itu, mintalah tolong dan dukungan dari suami dan keluarga untuk membantu mengurus beberapa tugas rumah tangga sehingga anda dapat beristirahat dengan cukup. Hindari stress dengan cara banyak menghirup udara segar dan tidur. Memiliki bayi memang tidak memungkinkan bagi anda untuk tidur secara teratur, namun setidaknya anda dapat tidur saat bayi anda juga sedang terlelap pulas.